NILAI PENGANTIN PEREMPUAN DALAM MAS KAWIN SUKU BANGGAI DITINJAU DARI KONSEP IMAGO DEI DALAM KEJADIAN 1:26-27

  • Yusdian Lumbon Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub Luwuk Banggai
  • Ermin Alperiana Mosooli Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub Luwuk Banggai
  • Oskar Sopang Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub Luwuk Banggai
Keywords: bride’s dowry, Banggai tribe, Imago Dei, Genesis 1:26-27, equality

Abstract

This study aims to examine the bride's value in the Banggainese (in Central Sulawesi Province, Indonesia) dowry tradition from the concept of man and woman as Imago Dei in Genesis 1: 26-27. The method used is a literature study with content analysis as a data analysis technique. The results showed that the prospective bride's value in the Banggainese dowry tradition contradicts the human concept as Imago Dei in Gen 1: 26-27. As Imago Dei, women and men are created equal and are equally servants of Allah whose position is above other creations. The bride's value in the Banggainese dowry tradition shows that women's status is lower than men. It put a prospective bride as an object who could exchange for family prestige and adjusted with things like money.

References

Aini, Noryamin. 2014. “Tradisi Mahar Di Ranah Lokalitas Umat Islam: Mahar Dan Struktur Sosial Di Masyarakat Muslim Indonesia.” AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah 17 (1). https://doi.org/10.15408/ajis.v17i1.1239.

Alfida, Rida, dan Saiful Usman. 2016. “PENETAPAN MAHAR BAGI PEREMPUAN DI DESA KAMPUNG PAYA, KECAMATAN KLUET UTARA, KABUPATEN ACEH SELATAN.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah 1 (1): 89–96.

Anggie, Hernowo. 2016. “Makna Mas Kawin 10 Gram Emas Fedi Nuril dan Vanny Widyasasti .” ShowBiz Liputan6.com. 2016. https://www.liputan6.com/showbiz/read/2414070/makna-mas-kawin-10-gram-emas-fedi-nuril-dan-vanny-widyasasti.

Apriyanti, Apriyanti. 2017. “Historiografi Mahar dalam Pernikahan.” An Nisa’a: Jurnal Kajian Gender dan Anak 12 (2): 163–78.

Bangngu, Romi Adi Kurnia. 2015. “Sikap GKS Jemaat Kambaniru Terhadap Makna Tradisi Kenoto Ditinjau dari Teori Mas Kawin.” Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Basri, Halimah. 2017. “KONSEP MAHAR (MASKAWIN) DALAM TAFSIR KONTEMPORER.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 6 (2): 310–30. https://doi.org/10.24252/ad.v6i2.4885.

Becher, Jeanne. 2001. Perempuan, Agama, dan Seksualitas. : Studi tentang pengaruh berbagai ajaran agama terhadap perempuan. BPK Gunung Mulia.

Benedicta, Gabriella Devi. 2011. “Dinamika Otonomi Tubuh Perempuan: A ntara Kuasa dan Negosiasi atas Tubuh.” MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi 16 (2): 141–56.

Capaldi, Nicholas. 2002. “The Meaning of Equality.” In Liberty and equality, diedit oleh Tibor R. Machan, 1–33. Stanford: Hoover Institution Press.

Fernandez, Primeiro Wahyubinatara. 2013. “Komodifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI 8 (1): 60–80. https://doi.org/10.24002/jik.v8i1.182.

Ladjahia, Sisnawati. 2015. “Analisis Hukum Islam Terhadap Tradisi Pasai Dalam Perkawinan Adat Suku Banggai : Studi Kasus Di Desa Kombutokan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah.” UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mangililo, Ira D. 2017. “IMAGO DEI: Sebuah Upaya Membaca Alkitab Sebagai Perempuan Indonesia Dalam Konteks Perdagangan Orang di Nusa Tenggara Timur 1.” Indonesian Journal of Theology 5 (2): 147–77.

Maskawin. 2019. “Maskawin, dari Agama, Budaya, sampai Pilihan Unik.” JEO Kompas.com. 2019. https://jeo.kompas.com/maskawin-dari-agama-budaya-sampai-pilihan-unik.

Muh. Ali, Hasbi, dan Raihanah Azahari. 2013. “OBJEKTIF SYARIAH DALAM PEMBERIAN MAHAR.” Jurnal Fiqh 10: 57–76.

Neonnub, Fransiska Idaroyani, dan Novi Triana Habsari. 2018. “Belis: Tradisi Perkawinan Masyarakat Insana Kabupaten Timor Tengah Utara (Kajian Historis dan Budaya Tahun 2000-2017).” AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA 8 (01): 107. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.2035.

Nurmila, Nina. 2015. “PENGARUH BUDAYA PATRIARKI TERHADAP PEMAHAMAN AGAMA DAN PEMBENTUKAN BUDAYA.” KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman 23 (1): 1. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i1.606.

Pasha, Aufi Ramadhania. 2019. “10 Mas Kawin Unik ini Sempat Viral di Indonesia .” Cermati.com. 2019. https://www.cermati.com/artikel/10-mas-kawin-unik-ini-sempat-viral-di-indonesia.

Ratsara, Paul, dan Daniel Bediako. 2013. “Man and Woman in Genesis 1-3: Ontological Equality and Role Differentiation.” In Theology of Ordination Study Committee.

Sakina, Ade Irma, dan Dessy Hasanah Siti A. 2017. “MENYOROTI BUDAYA PATRIARKI DI INDONESIA.” SHARE: Social Work Journal 7 (1): 71–80.

Sari, Milya. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6 (1): 41. https://doi.org/10.15548/NSC.V6I1.1555.

Seba, Roberto Octavianus Cornelis. 2016. “Kekerasan Terhadap Perempuan Bagian Dari Pergeseran Nilai Budaya Belis Di Flores Nusa Tenggara Timur.” Universitas Terbuka.

Subhan. 2018. “Nalar Kesetaraan Mahar dalam Perspektif Syariah Islam.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 4 (1): 1–16. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i1.193.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thome, Helmut. 2015. “Values, Sociology of.” In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences, 47–53. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.32167-5.

Published
2021-03-13
How to Cite
Lumbon, Y., Mosooli, E. A., & Sopang, O. (2021). NILAI PENGANTIN PEREMPUAN DALAM MAS KAWIN SUKU BANGGAI DITINJAU DARI KONSEP IMAGO DEI DALAM KEJADIAN 1:26-27. Jurnal Misioner, 1(1), 41-59. https://doi.org/10.51770/jm.v1i1.3
Section
Articles