KONSEP DIPILIH UNTUK DISELAMATKAN MENURUT 2 TESALONIKA 2:13-14

  • Dian Purmawati Waruwu STT Soteria Purwokerto
Keywords: Allah,, Manusia, Pengudusan, Iman, Injil, God, Man, Sanctification, Faith, Gospel

Abstract

Artikel ini ditulis untuk memaparkan konsep dipilih untuk diselamatkan menurut 2 Tesalonika 2:1314. Ada banyak pemahaman yang berbeda-beda mengenai konsep keselamatan, yang bisa menyebabkan kesalahpahaman tentang dipilih untuk diselamatkan. Keselamatan adalah pembebasan manusia dari dosa yang diberikan Yesus Kristus dengan datang ke dunia. Keselamatan ini Tuhan berikan kepada seluruh umat manusia tanpa kecuali. Sebab Allah dari mulanya telah memilih untuk menyelamatkan. Dipilih berarti ditentukan untuk memperoleh keselamatan di dalam Yesus Kristus. Bukan manusia yang dipilih, tetapi Kristus lah yang telah dipilih dari semula sebagai yang sulung untuk menyelamatkan manusia. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan metode yang berkaitan dengan analisa pustaka yang sumber utama adalah Alkitab, menggunakan teori dari tokoh-tokoh teologi penafsir teks itu sendiri, buku-buku penafsir lain dan juga pendapat dari bapa-bapa gereja.

References

Berkhof, Louis. 2012. Teologi Sistematika Volumen 4:DoktrinKeselamatan. Surabaya: Momentum.

“BibleWorks 10.” n.d.

Chrysostom, John. n.d. “2 Thessalonians 2:13 - Catena Bible & Commentaries.” Accessed May 24, 2022. https://catenabible.com/2thes/2/13.

Evans, Tony. 2005. Sungguh-Sungguh Diselamatkan Memahami, Mengalami, Dan Merasakan Karya Penyelamatan, Y.Istiyono Wahyu, S.S. Dan Dra. Ostaria Silaban,. USA.

George B. Stevens, PH.D., D.D. 1889. Simcox, The Homilies Of St. John Chrysostom, Archibishop Of Constantinople, On The Epistle Of St. Paul The Apostle To The Romans, Rev. J. B. Morris, M.A. Dan Rev. W.H. Volume XI. Grand Rapids, Michigan:.: GEORGE B. STEVENS, PH.D., D.D.

Gross Alexander, D.D. 1889. Homilies Of St. John Chrysostom Archbishop Of Constantinople, On The Epistle Of St. Paul The Apostle To The Ephesians, Volume XIII. Grand Rapids, Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Company.

Hendi. 2018a. Buku Inspirasi Kalbu II. Yogyakarta: LeutikaPrio.

———. 2018b. Formasi Rohani Purifikasi Deifikasi. Yogyakarta: Leutika Prio.

———. 2019. Inspirasi Kalbu 3. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Johannes E. Louw Dan Eugene A. Nida. 1989. Greek English Lexion Of The New Testament Based On Semantic Domains, Volume I. New York: United Bible Societies.

Jonihut Andi Pranata Purba, Pardomuan Munthe. 2021. “Tinjauan Dogmatis Terhadap Pemahaman Jemaat Gkps Sidamanik Tentang Ajaran Keselamatan Monergisme Dan Sinergisme Diperhadapkan Teologi Luther.” Jurnal Sabda Akademika 1, no. 1: 2.

OFM, Dr. C. Groenen. 1988. Soteriologi Alkitabiah: Keselamatan Yang Diberitakan Alkitab,. Yogyakarta: Kanisius.

Piper, John. 2013. Melihat Dan Menikmati Yesus Kristus, Ed. Irwan Tjulianto. Surabaya: Momentum.

Staniolae, Dimitru. n.d. “Orthodox Sprituality: A Pratical Guide For The Faithful And A Definitive Manual For The Scholar.” www. orthodoxwayoflife.blogspot.com.

Sutriatmo, Sutriatmo. 2022. “Konsep Keselamatan Di Dalam Yesus: Ketaatan Pada Firman Versus Ketaatan Pada Perbuatan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 2: 364.

Syarah Y.I Faot, Yesri E Talan. 2021. “Memahami Konsep Keselamatan Dari Perspektif Surat Efesus.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2: 118.

Published
2023-10-30
How to Cite
Dian Purmawati Waruwu. (2023). KONSEP DIPILIH UNTUK DISELAMATKAN MENURUT 2 TESALONIKA 2:13-14. Jurnal Misioner, 3(2), 160-185. https://doi.org/10.51770/jm.v3i2.70
Section
Articles