KONSEP DIPILIH UNTUK DISELAMATKAN MENURUT 2 TESALONIKA 2:13-14
Abstract
Artikel ini ditulis untuk memaparkan konsep dipilih untuk diselamatkan menurut 2 Tesalonika 2:1314. Ada banyak pemahaman yang berbeda-beda mengenai konsep keselamatan, yang bisa menyebabkan kesalahpahaman tentang dipilih untuk diselamatkan. Keselamatan adalah pembebasan manusia dari dosa yang diberikan Yesus Kristus dengan datang ke dunia. Keselamatan ini Tuhan berikan kepada seluruh umat manusia tanpa kecuali. Sebab Allah dari mulanya telah memilih untuk menyelamatkan. Dipilih berarti ditentukan untuk memperoleh keselamatan di dalam Yesus Kristus. Bukan manusia yang dipilih, tetapi Kristus lah yang telah dipilih dari semula sebagai yang sulung untuk menyelamatkan manusia. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan metode yang berkaitan dengan analisa pustaka yang sumber utama adalah Alkitab, menggunakan teori dari tokoh-tokoh teologi penafsir teks itu sendiri, buku-buku penafsir lain dan juga pendapat dari bapa-bapa gereja.
References
Berkhof, Louis. 2012. Teologi Sistematika Volumen 4:DoktrinKeselamatan. Surabaya: Momentum.
“BibleWorks 10.” n.d.
Chrysostom, John. n.d. “2 Thessalonians 2:13 - Catena Bible & Commentaries.” Accessed May 24, 2022. https://catenabible.com/2thes/2/13.
Evans, Tony. 2005. Sungguh-Sungguh Diselamatkan Memahami, Mengalami, Dan Merasakan Karya Penyelamatan, Y.Istiyono Wahyu, S.S. Dan Dra. Ostaria Silaban,. USA.
George B. Stevens, PH.D., D.D. 1889. Simcox, The Homilies Of St. John Chrysostom, Archibishop Of Constantinople, On The Epistle Of St. Paul The Apostle To The Romans, Rev. J. B. Morris, M.A. Dan Rev. W.H. Volume XI. Grand Rapids, Michigan:.: GEORGE B. STEVENS, PH.D., D.D.
Gross Alexander, D.D. 1889. Homilies Of St. John Chrysostom Archbishop Of Constantinople, On The Epistle Of St. Paul The Apostle To The Ephesians, Volume XIII. Grand Rapids, Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Company.
Hendi. 2018a. Buku Inspirasi Kalbu II. Yogyakarta: LeutikaPrio.
———. 2018b. Formasi Rohani Purifikasi Deifikasi. Yogyakarta: Leutika Prio.
———. 2019. Inspirasi Kalbu 3. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Johannes E. Louw Dan Eugene A. Nida. 1989. Greek English Lexion Of The New Testament Based On Semantic Domains, Volume I. New York: United Bible Societies.
Jonihut Andi Pranata Purba, Pardomuan Munthe. 2021. “Tinjauan Dogmatis Terhadap Pemahaman Jemaat Gkps Sidamanik Tentang Ajaran Keselamatan Monergisme Dan Sinergisme Diperhadapkan Teologi Luther.” Jurnal Sabda Akademika 1, no. 1: 2.
OFM, Dr. C. Groenen. 1988. Soteriologi Alkitabiah: Keselamatan Yang Diberitakan Alkitab,. Yogyakarta: Kanisius.
Piper, John. 2013. Melihat Dan Menikmati Yesus Kristus, Ed. Irwan Tjulianto. Surabaya: Momentum.
Staniolae, Dimitru. n.d. “Orthodox Sprituality: A Pratical Guide For The Faithful And A Definitive Manual For The Scholar.” www. orthodoxwayoflife.blogspot.com.
Sutriatmo, Sutriatmo. 2022. “Konsep Keselamatan Di Dalam Yesus: Ketaatan Pada Firman Versus Ketaatan Pada Perbuatan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 2: 364.
Syarah Y.I Faot, Yesri E Talan. 2021. “Memahami Konsep Keselamatan Dari Perspektif Surat Efesus.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2: 118.
Copyright (c) 2023 Dian Purmawati Waruwu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Jurnal Misioner articles are published under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Users are free to copy, modify, or redistribute articles for any lawful purpose in any media as long as they give appropriate credit to the original author and Jurnal Misioner as the publisher. They have to links to the license, indicate if changes have made, and redistribute any derivative works under the same license.
Article copyright is held by the respective author (s), without limitation. A non-exclusive license is granted to Jurnal Misioner to publish articles, identify itself as the original publisher, and only use them for non-commercial purposes.
By publishing articles in Jurnal Misioner, authors grant rights to third parties to use their papers to the extent granted by the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.